Kolesterol tinggi=pegal-pegal?

Sering pasien datang dengan keluhan:”Dok, pundak saya rasanya kenceng dan kaku, ini apa karena kolesterol saya tinggi ya dok?kemaren saya bla, bla, bla….”
Lain lagi dengan Tuan B:”Dok, badan saya pegal-pegal nih semuanya, kemaren kolesterol saya tinggi, pasti gara-gara itu ya?minta obat anti kolesterol yang manjur dong?”

Berkali-kali saya katakan kepada pasien saya bahwa SEBENARNYA, kolesterol tinggi bukan lah penyebab utama pegal-pegal. Masih banyak penyebab lain. Namun berikut saya cuplik satu penelitian dari T. D. BUNKER, dan C. N. A. ESLER: Kadar kolesterol yang tinggi 5.92 mmol SD 1,17, berkaitan dengan kejadian frozen shoulder(suatu diagnosis dengan gejala kekakuan pada pundak di sekitar insersi otot deltoid di bahu). Penelitian lain menyebutkan bahwa timbunan kolesterol dapat menyebabkan Tendonitis Achilles di kaki, mengakibatkan rasa nyeri di sekitar pergelangan kaki.

Memang ada beberapa penelitian yang mendukung adanya gejala-gejala nyeri otot disebabkan kolesterol, namun demikian banyak juga yang skeptis. Jangan anda harap pemberian obat anti kolesterol dapat menyelesaikan masalah anda, karena justru efek samping terbanyak dari obat-obatan ini(statins) adalah nyeri otot. Lho kok bisa?

Jadi sebelum menyimpulkan gejala-gejala anda, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter. Keputusan memulai suatu terapi obat anti kolesterol sangatlah kompleks dan harus ditimbang manfaat dan resikonya.

This entry was posted in Medis.

6 comments on “Kolesterol tinggi=pegal-pegal?

  1. Cahya says:

    Betul… betul… betul..😀

  2. abenk says:

    nice posts….salam kenal….

  3. dealer pulsa says:

    wah bahaya ni yang sering pegal2 jangan2 gejala kolesterol tinggi

  4. dealer pulsa says:

    betul jangan terlalu yakin dengan obat2 yang katanya bisa mengobati dengan cepat

Leave a Reply

